Cara Setting CCTV Baru

Sebisa mungkin kamu tempatkan DVR dan power supply cctv ditempat yang tersembunyi dan memperkuatnya dengan kerangka besi/beton sehingga tahan terhadap bencana.

Ini dimaksudkan agar jika terjadi bencana atau tindak kejahatan DVR cctv mu tidak ditemukan oleh penjahat dan jika terjadi bencana dvr cctv mu juga tidak rusak.

#4 Gunakan Batteray Backup atau UPS
Saya menyarankan untuk memasang UPS https://digibaru.com atau bateray backup system untuk memastikan sistem cctv mu tetap bekerja walau listrik mati.

UPS memang harganya lumayan mahal, tapi ini perlu dipertimbangkan jika aset yang kamu awasi memang lebih berharga dari harga sebuah UPS.

#5 Sediakan Tool dan Bahan Untuk Proses Pemasangan
Untuk memasang kamera CCTV yang pastinya dipasang diatas maka kamu memerlukan alat, baiknya kamu menyiapkan alat-alat berikut sebelum kamu memasang kamera cctv sendiri untuk rumah mu.

Palu
Obeng
Tang
Cutter
Tangga
Bor
Klem
Sarung Tangan
Tools diatas adalah peralatan standar minimal yang harus kamu punya saat kamu memasang CCTV, jika kamu menambahkan peralatan lain yang bisa mempermudah pekerjaan, itu akan lebih baik.

#6 Tentukan Jalur Kabel
Setelah kamu menentukan lokasi pemasangan kamera cctv dan dvr maka kamu perlu memikirkan jalur kabel nya.

Kamu harus tau struktur gedung atau bangunan sehingga kamu bisa menentukan jalur terbaik untuk kabel mu, paling bagus adalah untuk memasangkanya di balik dinding atau plafon.



Jika terpaksa kabelnya terlihat dari luar dan terpapar panas matahari ataupun hujan maka kamu harus memasukan nya ke pipa agar kabel lebih awet dan aman.

#7 Pasang Kabelnya Sebelum Memasang Kamera
O iya , proses pemasangan yang paling melelahkan adalah proses pemasangan kabel, karena kamu mungkin perlu merangkak di bawah plafon, naik tangga dan berpanas-panasan.

Jadi kerjakan pekerjaan yang paling sulit dulu yaitu memasang kabel sebelum kamu memasang kamera CCTV.

Ini dimaksudkan juga agar pekerjaan lebih efektif dimana sekalian kamu masang kamera kamu memasang konektornya sehingga kamu tidak perlu naik dua kali yaitu saat memasang kamera dan saat kamu memasang konektor cctv nya.

8# Tentukan Lokasi Untuk Monitoring atau Control Room
Saya sangat menyarankan untuk menggunakan ruang terpisah dari DVR untuk monitoring kamera cctv, ini dimaksudkan agar DVR terhindar dari tindak sabotase.

DVR cctv mu bisa dimonitor menggunakan komputer ataupun HP, baiknya antara dvr dan komputer untuk monitoring dihubungkan menggunakan kabel LAN (jangan pakai WiFi) agar lebih stabil.